Adsense

Internet: The Hidden Money


Merupakan suatu hal yang tidak dapat disangkal lagi jika pernyataan yang sempat dilontarkan Alvin Toffler akan terjadinya pergeseran dari masyarakat industri menjadi masyarakat informasi. Dan saat ini sudah jadi fakta seiring dengan kemajuan teknologi internet.

Sebuah komunitas yang begitu semangat memburu informasi mengenai ini dengan ciri khas sendiri. Komunitas ini dapat memburu sekian banyak informasi dalam waktu 24 jam bahkan kurang dari itu, informasi itu siap untuk diupdate. Mereka memiliki peluang untuk saling berbagi informasi yang ada di dunia ini melalui dunia maya yang dikenal sebagai internet.

Fenomena Lahirnya Internet

Fenomena ini demikian besar pengaruhnya, sampai selanjutnya keluar suatu paradigma baru bernama new economy. Dalam pengertian yang sederhana, ekonomi baru yaitu satu arti yang menggambarkan beragam jenis bisnis dengan basis internet. Ekonomi baru menimbulkan banyak arti bagi pemahaman orang-orang seperti e-commerce, e-business, e-banking, serta beda sebagainya.


Don Tapscot, penulis The Digital Economy yang dijuluki Wakil Presiden Amerika Al Gore sebagai salah satu maha guru cyber, mengatakan bahwa perubahan fenomena bisnis yang terjadi pada saat sekarang membawa konsekuensi logis yang mengharuskan berbagai macam aktivitas mau tidak mau bergabung dalam bisnis di internet.

Satu diantara fenomena yang dapat menunjukkan yaitu banyak beberapa pelaku bisnis yang berlomba terjun di usaha berbasiskan internet serta Tl (tehnologi informasi) atau meminjam istilah Benoit Marchalmigrating to e-commerce.

Menariknya Dunia Internet

Di Amerika, kita bisa melihat banyak perusahaan old-company yang mulai melirik dunia web seperti Sears (sears.com), Procter & Gamble (reflect. com), Barnes & Noble (barnesandnoble.com), Amazon (amazon.com) dan lain sebagainya. Bahkan raja hiburan Time Warner yang berkiprah sejak tahun 1925 dengan total pendapatan sebesar US$ 23 miliar bersedia merger dengan America Online (AOL) yang baru berdiri pada tahun 1985 dengan pendapatan per tahun yang hanya US$ 5,2 miliar.


Di Tanah Air, kita juga menyaksikan perusahaan-perusahaan old company yang melakukan hal serupa. Selain itu, banyak pula bermunculan perusahaan-perusahaan baru (start up) yang menggelar bisnis berbasis internet dan Tl. Untuk media, detik.com bisa memberi contoh kesuksesan bagaimana sebuah situs web bisa menghasilkan uang dari para pemasang iklan.


Leave a Comment