Adsense

Panduan Pemula untuk Google AdSense


Menjadi publisher Google Adsense adalah cara terbaik untuk mendapatkan uang dari situs website atau blog yang kita bangun. Ini merupakan peluang yang menguntungkan dan hanya bermodalkan konten yang relevan dari situs kita. Banyak blogger (termasuk saya) pasti akan mendaftar untuk menjadi publisher Google AdSense di situs website mereka. Google Adsense merupakan peluang yang baik untuk memonetisai situs website kita.

Pengalaman Mendaftar Google Adsense

Siapa yang tidak kenal dengan Google Adsense, Layanan penyedia iklan paling populer. Tidak sedikit para Blogger ingin bergabung dengan Google Adsense untuk menjadi publisher.

Saya pernah beberapa kali ditolak waktu mendaftarkan situs saya ke Google Adsense. Persisnya 5 kali ditolak dengan alasan situs saya belum memadai untuk menjadi publisher Google Adsense. Sayangnya pihak Google tidak memberikan detail kenapa situs saya ditolak.


Saya mendaftarkan situs saya pada tahun 2016. Dan perlu teman-teman ketahui bahwa mendaftar Google Adsense tidak segampang dahulu. Teman-teman harus menunggu proses review selama 7 hari.

Tujuan Ingin Menjadi Publisher

Tujuan saya mendaftar Google Adsense adalah UANG. Ya tentu saja, karena waktu itu melihat keberhasilan para blogger dengan penghasilan puluhan bahan hingga ratusan juta.

Tetapi semua itu salah kaprah. Setelah saya mendapatkan persetujuan dari Google Adsense untuk menjadi publisher, begitu senang tak terhalang. Dalam hati bergumam “Yes… bakal dapet duit jutaan”.

Singkat cerita, setelah saya memasang kode iklan pada situs saya. Kekecewaan tergores dalam hati saya. Jangankan untuk mendapatkan jutaan rupiah, seratus rupiah sehari pun itu sudah luar biasa. Bahkan saya pernah tidak mendapatkan sepeser rupiah sama sekali.

Down semangat pastinya. Bahkan saya sempat tidak mengurusi situs saya sama sekali selama 6 bulan lebih. Tetapi mengingat perjuangan waktu mendaftar Adsense dan mengalami penolakan. Dan saya membaca histori para blogger yang sukses, tak sedikit dari mereka yang mengalami hal yang sama dengan saya. Dari situlah saya mencoba terus berusaha dan menekuni Adsense.

Persiapkan situs Anda Mendaftar Google Adsense

Dari pengalan saya mendaftar Google Adsense, saya kurang persiapan sehingga saya sering ditolak. Persiapkan situs Anda, seperti Artikel yang selalu di update, menu yang mudah di cari, contact yang mudah untuk menghubungi Anda. Google juga menyarankan adanya pencarian pada situs Anda.

Hingga saat ini banyak yang bertanya berapa minimal Artikel yang ada pada situs web untuk mendaftarkan ke Google Adsense. Dan sampai saat ini pula belum ada yang tahu pasti jawabannya karena Google tidak pernah memberi tahu.

Sebagai review saja, Situs saya waktu diterima Adsense baru berumur kurang lebih 2 bulan dan kontennya baru ada 30 artikel. Ini juga tidak bisa menjadi patokan penuh. Setiap blogger mempunyai pengalaman yang berbeda-beda.

Jangan Remehkan SEO

Banyak yang bilang bahwa SEO merupakan senjata pada situs Anda. Apa itu SEO? SEO kepanjangan dari Search Engine Optimization/Optimasi Mesin Pencari.

Secara Teori SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu.

Kesimpulannya SEO itu untuk meningkatkan pengunjung ke situs web Anda melalui situs pencarian seperti Google, Bing, Ask dan lain-lain.

Daftar Adsense Menggunakan Akun Gmail Anda

Untuk mendaftar Google Adsense, Pastinya Anda harus menggunkan akun Gmail Anda karena Adsense bagian dari Google. Dan syarat lainnya adalah Anda harus mempunyai situs web TLD (Top Domain Level) seperti example.com, example.net. Jika Anda mendaftakan Sub Domain, itu tidak disarankan oleh Google.

Setelah Anda mendaftar, Google akan Ma-review situs Anda mulai dari satu hari hingga beberapa Minggu. Google akan mengirimkan email pemberitahuan situs Anda layak atau tidak untuk menjadi penayang iklan / publisher.

Jika Anda diterima, yang pertama bersyukurlah, selanjutnya tingkatkan kualitas situs Anda untuk meningkatkan pengunjung.


Ingat, pengunjung sangat berpengaruh terhadap penghasilan Anda. Jika tidak ada pengunjung sama artinya tidak ada pendapatan.

Akhir tulisan, semoga Anda berhasil menjadi publisher Adsense dan jangan menyerah, teruslah berusaha. Salam Sukses “DUIT”.


Leave a Comment